kecilkan semua  

Teks -- Roma 15:23-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu, 15:24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu. 15:25 Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus. 15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan sesuatu kepada orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem. 15:27 Keputusan itu memang telah mereka ambil, tetapi itu adalah kewajiban mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka. 15:28 Apabila aku sudah menunaikan tugas itu dan sudah menyerahkan hasil usaha bangsa-bangsa lain itu kepada mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota kamu. 15:29 Dan aku tahu, bahwa jika aku datang mengunjungi kamu, aku akan melakukannya dengan penuh berkat Kristus. 15:30 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku, 15:31 supaya aku terpelihara dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku untuk Yerusalem disambut dengan baik oleh orang-orang kudus di sana, 15:32 agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu. 15:33 Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian! Amin.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akhaya a Roman province located in Greece along the south coast of the Gulf of Corinth
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · Spanyol a country at the NW end of the Mediterranean Sea
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Roma, Surat | Sedekah | Orang Miskin | Sejahtera (Secara Rohani) | Sukacita | Tidak Percaya | Sekutu, Persekutuan Dengan | Hamba Tuhan | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Damai | Gairah Semangat Yang Besar | Injil | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 15:29 - MELAKUKANNYA DENGAN PENUH BERKAT KRISTUS. Nas : Rom 15:29 Pelayanan Paulus disertai kelimpahan berkat, kuasa, kasih karunia, dan kehadiran Kristus. Kapan saja dia melayani, berkat ini disam...

Nas : Rom 15:29

Pelayanan Paulus disertai kelimpahan berkat, kuasa, kasih karunia, dan kehadiran Kristus. Kapan saja dia melayani, berkat ini disampaikan kepada orang percaya lain. Kita yang melayani Tuhan dan gereja-Nya seharusnya mencari kelimpahan yang sama dalam pelayanan kita.

Jerusalem: Rm 15:23 - tidak lagi mempunyai tempat kerja Bukan maksudnya bahwa semua orang kafir sudah masuk Kristen. Tetapi tugas Paulus ialah meletakkan dasar, lalu murid-muridnya mesti meneruskan karyanya...

Bukan maksudnya bahwa semua orang kafir sudah masuk Kristen. Tetapi tugas Paulus ialah meletakkan dasar, lalu murid-muridnya mesti meneruskan karyanya, bdk 1Ko 3:6,10; Kol 1:7, dll.

Jerusalem: Rm 15:28 - menyerahkan Kata Yunani menyangkut gagasan "meterai". Jadi artinya: menyerahkan atas meterai, ialah secara resmi.

Kata Yunani menyangkut gagasan "meterai". Jadi artinya: menyerahkan atas meterai, ialah secara resmi.

Jerusalem: Rm 15:30 - dalam doa Bdk 2Ko 1:11; Efe 6:19; Kol 4:3; 1Te 5:25; 2Te 3:1; Ibr 13:8

Jerusalem: Rm 15:30 - untuk aku Kerap kali Paulus mengajak kaum beriman supaya berdoa baginya, bdk Rom 8:27+. Sehubungan dengan doa yang dipikirkan sebagai pergumulan dengan Allah, l...

Kerap kali Paulus mengajak kaum beriman supaya berdoa baginya, bdk Rom 8:27+. Sehubungan dengan doa yang dipikirkan sebagai pergumulan dengan Allah, lihat contoh seperti Abraham, Kej 18:17 dst, Yakub, Kej 32:29, Musa, Kel 32:11-14,30-32; Ula 9:18,25, dan contoh-contoh dalam injil-injil Luk 11:1-8; Mar 7:24-30.

Ende: Rm 15:23 - Tidak ada lagi tempat bagiku Sebab umat-umat disitu sudah tjukup teguh berdiri dan mempunjai pimpinan jang teratur, maka tugas Paulus selesai, selain masih memegang pimpinan umum.

Sebab umat-umat disitu sudah tjukup teguh berdiri dan mempunjai pimpinan jang teratur, maka tugas Paulus selesai, selain masih memegang pimpinan umum.

Ende: Rm 15:24 - Menolong aku kesitu Ungkapan asli dengan tjorak-artinja sukar diterdjemahkan dengan suatu ungkapan jang agak tepat. Jang tertjakup dalam ungkapan asli ialah: mentjari kap...

Ungkapan asli dengan tjorak-artinja sukar diterdjemahkan dengan suatu ungkapan jang agak tepat. Jang tertjakup dalam ungkapan asli ialah: mentjari kapal, mengurus segala persediaan, melengkapi segala keperluan seperti bekal dan lain-lain, kadang-kadang djuga menghantar atau menemani.

Ende: Rm 15:25 - Guna pelajanan jaitu untuk menjelesaikan pendermaan dengan menjampaikan hasilnja", jaitu untuk menjelesaikan pendermaan dengan menjampaikan hasilnja. Tentang penderm...

jaitu untuk menjelesaikan pendermaan dengan menjampaikan hasilnja", jaitu untuk menjelesaikan pendermaan dengan menjampaikan hasilnja. Tentang pendermaan itu batjalah: Gal 2:10; 1Ko 16:1- 4; dan seluruh bab 2Ko 8 dan 2Ko 9.

Ende: Rm 15:25 - Dengan resmi Terdjemahan kata-demi-kata ialah: sesudah kuserahkan hasil dan telah dimeteraikan....Maksudnja: sesudah diterima kwintansi jang sah dari para pemimpin...

Terdjemahan kata-demi-kata ialah: sesudah kuserahkan hasil dan telah dimeteraikan....Maksudnja: sesudah diterima kwintansi jang sah dari para pemimpin umat Jerusalem untuk disampaikan kepada umat-umat penderma.

Ende: Rm 15:31 - Supaja aku luput Paulus nampaknja sudah chawatir tentang apa jang kemudian benarlah terdjadi, seperti jang kita batja dalam Kis 20:3; 21:13; 21:27; dan selandjutnja sa...

Paulus nampaknja sudah chawatir tentang apa jang kemudian benarlah terdjadi, seperti jang kita batja dalam Kis 20:3; 21:13; 21:27; dan selandjutnja sampai pada achir buku Kis. Ras. itu.

Ref. Silang FULL: Rm 15:23 - mengunjungi kamu · mengunjungi kamu: Kis 19:21; Rom 1:10,11

· mengunjungi kamu: Kis 19:21; Rom 1:10,11

Ref. Silang FULL: Rm 15:24 - ke Spanyol // dapat mengantarkan · ke Spanyol: Rom 15:28 · dapat mengantarkan: 1Kor 16:6; Tit 3:13

· ke Spanyol: Rom 15:28

· dapat mengantarkan: 1Kor 16:6; Tit 3:13

Ref. Silang FULL: Rm 15:25 - ke Yerusalem // mengantarkan bantuan // orang-orang kudus · ke Yerusalem: Kis 19:21; Kis 19:21 · mengantarkan bantuan: Kis 24:17; Kis 24:17 · orang-orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13

· ke Yerusalem: Kis 19:21; [Lihat FULL. Kis 19:21]

· mengantarkan bantuan: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

· orang-orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

Ref. Silang FULL: Rm 15:26 - Sebab Makedonia // dan Akhaya // di Yerusalem · Sebab Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9 · dan Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12 · di Yerusalem: Kis 24:17; Kis 24:17

· Sebab Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

· dan Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]

· di Yerusalem: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

Ref. Silang FULL: Rm 15:27 - harta duniawi · harta duniawi: 1Kor 9:11

· harta duniawi: 1Kor 9:11

Ref. Silang FULL: Rm 15:28 - ke Spanyol · ke Spanyol: Rom 15:24

· ke Spanyol: Rom 15:24

Ref. Silang FULL: Rm 15:29 - mengunjungi kamu · mengunjungi kamu: Rom 1:10,11

· mengunjungi kamu: Rom 1:10,11

Ref. Silang FULL: Rm 15:30 - kasih Roh // untuk aku · kasih Roh: Gal 5:22; Kol 1:8 · untuk aku: 2Kor 1:11; Kol 4:12

· kasih Roh: Gal 5:22; Kol 1:8

· untuk aku: 2Kor 1:11; Kol 4:12

Ref. Silang FULL: Rm 15:31 - aku terpelihara // supaya pelayananku // orang-orang kudus · aku terpelihara: 2Kor 1:10; 2Tes 3:2; 2Tim 3:11; 2Pet 2:9 · supaya pelayananku: Rom 15:25; Kis 24:17; Kis 24:17 · orang-orang k...

· aku terpelihara: 2Kor 1:10; 2Tes 3:2; 2Tim 3:11; 2Pet 2:9

· supaya pelayananku: Rom 15:25; Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

· orang-orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

Ref. Silang FULL: Rm 15:32 - datang kepadamu // kehendak Allah // beroleh kesegaran · datang kepadamu: Rom 1:10,13 · kehendak Allah: Kis 18:21; Kis 18:21 · beroleh kesegaran: 1Kor 16:18; Filem 1:7

· datang kepadamu: Rom 1:10,13

· kehendak Allah: Kis 18:21; [Lihat FULL. Kis 18:21]

· beroleh kesegaran: 1Kor 16:18; Filem 1:7

Ref. Silang FULL: Rm 15:33 - damai sejahtera · damai sejahtera: Rom 16:20; 2Kor 13:11; Fili 4:9; 1Tes 5:23; 2Tes 3:16; Ibr 13:20

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 15:23 - -- 15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat di daerah ini,908 dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu, Da...

15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat di daerah ini,908 dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu,

Dalam konteks nats ini kita mengerti bahwa masih ada ruangan untuk melayani di wilayah Yunani dan Asia Kecil, tetapi bagi Paulus, bagi dia yang dipanggil untuk merintis jemaat di kota-kota yang menjadi "markas pendirian jemaat", tidak ada tempat di daerah itu lagi.

Rasul Paulus, sebagai orang yang berpendidikan formal dan nonformal, mengerti bahwa bumi ini jauh lebih luas dari pada apa yang disebut dalam nats ini.909 Dia tidak berpikir bahwa wilayah timur sudah dirintis, jadi dia tidak mau pergi ke sana.

...dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu...

Kerinduan Paulus untuk mengunjungi mereka di Roma disebut di atas dalam pasal 1:8-13, tetapi di situ dia belum dapat menyelesaikan pokok itu, karena kerinduan tersebut berdasarkan panggilan Rasul Paulus, dan panggilan tersebut berdasarkan Injil yang dia uraikan dalam pasal 1 sampai dengan pasal 15. Baru di sini dia dapat membahas rencananya untuk mengunjungi mereka.

Hagelberg: Rm 15:22-33 - -- B. Rencana Paulus untuk Mengunjungi Mereka 15:22-33 Setelah sumbangan ke jemaat di Yerusalem diurus, Paulus mau mengunjungi mereka untuk disegarkan ...

B. Rencana Paulus untuk Mengunjungi Mereka 15:22-33

Setelah sumbangan ke jemaat di Yerusalem diurus, Paulus mau mengunjungi mereka untuk disegarkan dan ditolong dalam perjalanan ke Spanyol.

Hagelberg: Rm 15:23 - -- 15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat di daerah ini,908 dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu, Da...

15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat di daerah ini,908 dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu,

Dalam konteks nats ini kita mengerti bahwa masih ada ruangan untuk melayani di wilayah Yunani dan Asia Kecil, tetapi bagi Paulus, bagi dia yang dipanggil untuk merintis jemaat di kota-kota yang menjadi "markas pendirian jemaat", tidak ada tempat di daerah itu lagi.

Rasul Paulus, sebagai orang yang berpendidikan formal dan nonformal, mengerti bahwa bumi ini jauh lebih luas dari pada apa yang disebut dalam nats ini.909 Dia tidak berpikir bahwa wilayah timur sudah dirintis, jadi dia tidak mau pergi ke sana.

...dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin datang kepadamu...

Kerinduan Paulus untuk mengunjungi mereka di Roma disebut di atas dalam pasal 1:8-13, tetapi di situ dia belum dapat menyelesaikan pokok itu, karena kerinduan tersebut berdasarkan panggilan Rasul Paulus, dan panggilan tersebut berdasarkan Injil yang dia uraikan dalam pasal 1 sampai dengan pasal 15. Baru di sini dia dapat membahas rencananya untuk mengunjungi mereka.

Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27 Summary. Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...

III. Penutup 15:14-16:27

Summary.

Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.

Hagelberg: Rm 15:24 - -- 15:24 Nanti kalau910 aku pergi ke Spanyol, aku akan datang kepadamu,911 karena aku harap dalam perjalananku aku dapat mengunjungi912 kamu, sehingga k...

15:24 Nanti kalau910 aku pergi ke Spanyol, aku akan datang kepadamu,911 karena aku harap dalam perjalananku aku dapat mengunjungi912 kamu, sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku ke sana,913 setelah aku seketika menikmati kunjungan914 dengan kamu.

Wilayah Spanyol hanya disebut dalam ayat ini dan pasal 15:28. Ada sarjana yang yakin bahwa Paulus berhasil pergi melayani di sana, tetapi ada juga sarjana yang tidak setuju. Pada waktu Surat Roma ditulis, wilayah Spanyol terdiri dari tiga propinsi Romawi, yaitu Baetica, Tarraconensis, dan Lusitania. Budaya Roma sudah kuat di banyak daerah di sana, meskipun ada juga wilayah yang dikatakan "belum beradab" di Spanyol.915

Alasan mengapa Paulus memilih Spanyol sebagai sasaran tidak dapat dipastikan, tetapi kita mengerti bahwa selain wahyu di mana sifat pelayanan Paulus diceritakan secara umum di jalan Damsyik dan di kota Damsyik (Kisah Para Rasul 9:15-16 dan 26:16-8), Paulus juga diperintahkan oleh Tuhan supaya dia meninggalkan Frigia dan Galatia (dua wilayah di benua Asia) dan masuk Makedonia, yaitu batas timur dari benua Eropa (Kisah Para Rasul 16:6-10). Mungkinkah Paulus tetap merasa dipanggil ke arah barat oleh karena wahyu di mana dia dipanggil ke Makedonia?

...sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku ke sana...

Kota Antiokhia merupakan "markas" Rasul Paulus untuk perjalanan yang diceriterakan dalam Kisah Para Rasul. Rupanya Paulus berharap supaya Roma menjadi markas untuk perjalanan yang direncanakan ke Spanyol. Maka dia menjelaskan bahwa nanti mereka sempat menolong dia untuk melanjutkan perjalanan dia ke Spanyol.

...setelah aku seketika menikmati kunjungan dengan kamu.

Dalam himbauan ini, di mana Paulus berharap mereka siap menjadi markas demi perintisan wilayah Spanyol, dia sopan dan ramah terhadap mereka di Roma.

Hagelberg: Rm 15:24 - -- 15:24 Nanti kalau910 aku pergi ke Spanyol, aku akan datang kepadamu,911 karena aku harap dalam perjalananku aku dapat mengunjungi912 kamu, sehingga k...

15:24 Nanti kalau910 aku pergi ke Spanyol, aku akan datang kepadamu,911 karena aku harap dalam perjalananku aku dapat mengunjungi912 kamu, sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku ke sana,913 setelah aku seketika menikmati kunjungan914 dengan kamu.

Wilayah Spanyol hanya disebut dalam ayat ini dan pasal 15:28. Ada sarjana yang yakin bahwa Paulus berhasil pergi melayani di sana, tetapi ada juga sarjana yang tidak setuju. Pada waktu Surat Roma ditulis, wilayah Spanyol terdiri dari tiga propinsi Romawi, yaitu Baetica, Tarraconensis, dan Lusitania. Budaya Roma sudah kuat di banyak daerah di sana, meskipun ada juga wilayah yang dikatakan "belum beradab" di Spanyol.915

Alasan mengapa Paulus memilih Spanyol sebagai sasaran tidak dapat dipastikan, tetapi kita mengerti bahwa selain wahyu di mana sifat pelayanan Paulus diceritakan secara umum di jalan Damsyik dan di kota Damsyik (Kisah Para Rasul 9:15-16 dan 26:16-8), Paulus juga diperintahkan oleh Tuhan supaya dia meninggalkan Frigia dan Galatia (dua wilayah di benua Asia) dan masuk Makedonia, yaitu batas timur dari benua Eropa (Kisah Para Rasul 16:6-10). Mungkinkah Paulus tetap merasa dipanggil ke arah barat oleh karena wahyu di mana dia dipanggil ke Makedonia?

...sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku ke sana...

Kota Antiokhia merupakan "markas" Rasul Paulus untuk perjalanan yang diceriterakan dalam Kisah Para Rasul. Rupanya Paulus berharap supaya Roma menjadi markas untuk perjalanan yang direncanakan ke Spanyol. Maka dia menjelaskan bahwa nanti mereka sempat menolong dia untuk melanjutkan perjalanan dia ke Spanyol.

...setelah aku seketika menikmati kunjungan dengan kamu.

Dalam himbauan ini, di mana Paulus berharap mereka siap menjadi markas demi perintisan wilayah Spanyol, dia sopan dan ramah terhadap mereka di Roma.

Hagelberg: Rm 15:25 - -- 15:25 Tetapi sekarang aku mau pergi ke Yerusalem untuk melayani916 orang-orang kudus. Dia atas kita membaca mengenai visi Paulus dan prioritas utama ...

15:25 Tetapi sekarang aku mau pergi ke Yerusalem untuk melayani916 orang-orang kudus.

Dia atas kita membaca mengenai visi Paulus dan prioritas utama yang dia pegang, yaitu supaya ada jemaat di setiap kota dari Yerusalem sampai ke Ilirikum dan seterusnya, sampai Spanyol. Tetapi dia mengerti bahwa pelayanan sosial seperti bantuan ekonomis juga harus dijalankan. Aspek ini dalam riwayat hidup Rasul Paulus dapat menolong kita pada waktu kita menggumuli keseimbangan yang mantap antara pelayanan yang bersifat "rohani" dan pelayanan yang bersifat "sosial".

Sumbangan ini juga diceriterakan dalam Kisah Para Rasul 24:17; I Korintus 16:1-4; II Korintus 8-9; dan Galatia 2:10.917

Hagelberg: Rm 15:25 - -- 15:25 Tetapi sekarang aku mau pergi ke Yerusalem untuk melayani916 orang-orang kudus. Dia atas kita membaca mengenai visi Paulus dan prioritas utama ...

15:25 Tetapi sekarang aku mau pergi ke Yerusalem untuk melayani916 orang-orang kudus.

Dia atas kita membaca mengenai visi Paulus dan prioritas utama yang dia pegang, yaitu supaya ada jemaat di setiap kota dari Yerusalem sampai ke Ilirikum dan seterusnya, sampai Spanyol. Tetapi dia mengerti bahwa pelayanan sosial seperti bantuan ekonomis juga harus dijalankan. Aspek ini dalam riwayat hidup Rasul Paulus dapat menolong kita pada waktu kita menggumuli keseimbangan yang mantap antara pelayanan yang bersifat "rohani" dan pelayanan yang bersifat "sosial".

Sumbangan ini juga diceriterakan dalam Kisah Para Rasul 24:17; I Korintus 16:1-4; II Korintus 8-9; dan Galatia 2:10.917

Hagelberg: Rm 15:26 - -- 15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah berkenan mengadakan suatu 'persekutuan'918 bagi orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem. T...

15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah berkenan mengadakan suatu 'persekutuan'918 bagi orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem.

Tanpa paksaan (tetapi dengan himbauan, seperti apa yang dicatat dalam I Korintus 16:1-2) jemaat-jemaat di propinsi Makedonia dan Akhaya berkenan menyatakan kesatuan mereka dengan jemaat-jemaat di Yerusalem, dengan cara mengumpulkan sumbangan bagi orang-orang miskin di sana.

Hagelberg: Rm 15:26 - -- 15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah berkenan mengadakan suatu 'persekutuan'918 bagi orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem. T...

15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah berkenan mengadakan suatu 'persekutuan'918 bagi orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem.

Tanpa paksaan (tetapi dengan himbauan, seperti apa yang dicatat dalam I Korintus 16:1-2) jemaat-jemaat di propinsi Makedonia dan Akhaya berkenan menyatakan kesatuan mereka dengan jemaat-jemaat di Yerusalem, dengan cara mengumpulkan sumbangan bagi orang-orang miskin di sana.

Hagelberg: Rm 15:27 - -- 15:27 Sebab mereka berkenan, dan itu adalah kewajiban919 mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian920 dalam harta rohani921 orang ...

15:27 Sebab mereka berkenan, dan itu adalah kewajiban919 mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian920 dalam harta rohani921 orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani922 orang Yahudi dengan harta jasmani923 mereka.

Jika suku-suku bangsa sudah menerima harta rohani dari bangsa Yahudi, maka paling tidak mereka harus membalas dengan membagi harta jasmani mereka kepada orang-orang miskin di Yerusalem. Prinsip keseimbangan yang nampak dalam nats ini juga kelihatan dalam Galatia 6:6.924

Paulus tidak menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan istilah harta rohani orang Yahudi. Mungkin maksudnya keselamatan, yang "datang dari bangsa Yahudi" (Yohanes 4:22), tetapi mungkin maksudnya ialah bahwa berita Injil disampaikan kepada mereka oleh utusan yang berasal dari Israel.

Hagelberg: Rm 15:27 - -- 15:27 Sebab mereka berkenan, dan itu adalah kewajiban919 mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian920 dalam harta rohani921 orang ...

15:27 Sebab mereka berkenan, dan itu adalah kewajiban919 mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian920 dalam harta rohani921 orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani922 orang Yahudi dengan harta jasmani923 mereka.

Jika suku-suku bangsa sudah menerima harta rohani dari bangsa Yahudi, maka paling tidak mereka harus membalas dengan membagi harta jasmani mereka kepada orang-orang miskin di Yerusalem. Prinsip keseimbangan yang nampak dalam nats ini juga kelihatan dalam Galatia 6:6.924

Paulus tidak menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan istilah harta rohani orang Yahudi. Mungkin maksudnya keselamatan, yang "datang dari bangsa Yahudi" (Yohanes 4:22), tetapi mungkin maksudnya ialah bahwa berita Injil disampaikan kepada mereka oleh utusan yang berasal dari Israel.

Hagelberg: Rm 15:28 - -- 15:28 Maka apabila aku sudah menunaikan hal ini dan menyegel925 buah ini bagi mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota926 kamu. Rasul Paulu...

15:28 Maka apabila aku sudah menunaikan hal ini dan menyegel925 buah ini bagi mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota926 kamu.

Rasul Paulus sungguh mengerti bahwa "akar segala macam kejahatan ialah cinta uang", maka dia menjaga supaya uang persembahan ini dibawa ke Yerusalem dengan cara yang sedemikian, sehingga sama sekali tidak ada alasan untuk dicurigai.

Bagi Rasul Paulus, pelayanan sosial ini begitu penting, sehingga perjalanannya ke Spanyol harus ditunda. Lebih dari itu, perjalanannya ke Yerusalam sangat berbahaya bagi dia, karena di sana banyak orang Yahudi membenci dia (lihatlah pasal 15:31). Kalau Rasul Paulus memprioritaskan keuangan yang begitu tertib, maka kita juga perlu mencatat dengan tertib setiap uang yang masuk dan setiap uang yang keluar dari keuangan gereja atau lembaga kita masing-masing.

Sumbangan untuk mereka di Yerusalem dikiaskan sebagai buah yang disegel dan disampaikan secara utuh kepada si penerima. Pada zaman Rasul Paulus buah yang dikirim harus disegel lebih dahulu untuk membuktikan bahwa tidak ada yang hilang dalam pengirimannya.927

Hagelberg: Rm 15:28 - -- 15:28 Maka apabila aku sudah menunaikan hal ini dan menyegel925 buah ini bagi mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota926 kamu. Rasul Paulu...

15:28 Maka apabila aku sudah menunaikan hal ini dan menyegel925 buah ini bagi mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota926 kamu.

Rasul Paulus sungguh mengerti bahwa "akar segala macam kejahatan ialah cinta uang", maka dia menjaga supaya uang persembahan ini dibawa ke Yerusalem dengan cara yang sedemikian, sehingga sama sekali tidak ada alasan untuk dicurigai.

Bagi Rasul Paulus, pelayanan sosial ini begitu penting, sehingga perjalanannya ke Spanyol harus ditunda. Lebih dari itu, perjalanannya ke Yerusalam sangat berbahaya bagi dia, karena di sana banyak orang Yahudi membenci dia (lihatlah pasal 15:31). Kalau Rasul Paulus memprioritaskan keuangan yang begitu tertib, maka kita juga perlu mencatat dengan tertib setiap uang yang masuk dan setiap uang yang keluar dari keuangan gereja atau lembaga kita masing-masing.

Sumbangan untuk mereka di Yerusalem dikiaskan sebagai buah yang disegel dan disampaikan secara utuh kepada si penerima. Pada zaman Rasul Paulus buah yang dikirim harus disegel lebih dahulu untuk membuktikan bahwa tidak ada yang hilang dalam pengirimannya.927

Hagelberg: Rm 15:29 - -- 15:29 Dan aku tahu, bahwa pada waktu aku datang mengunjungi928 kamu, aku akan datang dalam kepenuhan berkat Injil929 Kristus. Oleh karena urusan pers...

15:29 Dan aku tahu, bahwa pada waktu aku datang mengunjungi928 kamu, aku akan datang dalam kepenuhan berkat Injil929 Kristus.

Oleh karena urusan persembahan tersebut, maka tanggal kedatangannya masih belum dapat ditentukan, tetapi Rasul Paulus masih yakin bahwa Tuhan akan memberkati dengan kepenuhan berkat Injil Kristus pada waktu kunjungannya terlaksana.

Nats ini merupakan kelanjutan dari pasal 1:11-12, di mana Paulus menyatakan kemauannya untuk "memberikan karunia rohani" kepada mereka di Roma. Lagipula, istilah kepenuhan berkat Injil Kristus mengingatkan kita bahwa "Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya" (Roma 1:16).

Keyakinan ini memang terwujud, tetapi realisasinya terwujud dengan bentuk yang tidak dapat dibayangkan pada waktu Paulus menulis nats ini: dia datang ke Roma sebagai tawanan karena di Kaisarea dia naik banding kepada Kaisar.

Hagelberg: Rm 15:29 - -- 15:29 Dan aku tahu, bahwa pada waktu aku datang mengunjungi928 kamu, aku akan datang dalam kepenuhan berkat Injil929 Kristus. Oleh karena urusan pers...

15:29 Dan aku tahu, bahwa pada waktu aku datang mengunjungi928 kamu, aku akan datang dalam kepenuhan berkat Injil929 Kristus.

Oleh karena urusan persembahan tersebut, maka tanggal kedatangannya masih belum dapat ditentukan, tetapi Rasul Paulus masih yakin bahwa Tuhan akan memberkati dengan kepenuhan berkat Injil Kristus pada waktu kunjungannya terlaksana.

Nats ini merupakan kelanjutan dari pasal 1:11-12, di mana Paulus menyatakan kemauannya untuk "memberikan karunia rohani" kepada mereka di Roma. Lagipula, istilah kepenuhan berkat Injil Kristus mengingatkan kita bahwa "Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya" (Roma 1:16).

Keyakinan ini memang terwujud, tetapi realisasinya terwujud dengan bentuk yang tidak dapat dibayangkan pada waktu Paulus menulis nats ini: dia datang ke Roma sebagai tawanan karena di Kaisarea dia naik banding kepada Kaisar.

Hagelberg: Rm 15:30 - -- 15:30 Tetapi demi Tuhan kita Yesus Kristus dan demi kasih Roh, aku menganjurkan kamu, saudara-saudara, untuk berjuang bersama-sama dengan aku dalam d...

15:30 Tetapi demi Tuhan kita Yesus Kristus dan demi kasih Roh, aku menganjurkan kamu, saudara-saudara, untuk berjuang bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,

Untuk mengakhiri penjelasan mengenai rencana Rasul Paulus untuk mengunjungi mereka sebagai persiapan sebelum dia ke Spanyol, Paulus minta supaya mereka mendoakan rencana tersebut.

...berjuang930 bersama-sama dengan aku dalam doa untuk aku...

Bagi Rasul Paulus, mereka yang mendoakan keperluan Paulus ikut dalam perjuangan pelayanannya. Dengan demikian orang percaya yang mendoakan seorang hamba Tuhan sudah menjadi teman sekerja, karena mereka berjuang bersama-sama dengan dia.

Dunn931 mencatat bahwa dalam satu ayat ini Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus disebut.

...demi kasih Roh...

Istilah kasih Roh dapat berarti kasih yang dimiliki Roh Allah bagi mereka, atau kasih yang berasal dari Roh Allah, suatu kasih yang Dia kerjakan dalam hati orang percaya.

Hagelberg: Rm 15:30 - -- 15:30 Tetapi demi Tuhan kita Yesus Kristus dan demi kasih Roh, aku menganjurkan kamu, saudara-saudara, untuk berjuang bersama-sama dengan aku dalam d...

15:30 Tetapi demi Tuhan kita Yesus Kristus dan demi kasih Roh, aku menganjurkan kamu, saudara-saudara, untuk berjuang bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,

Untuk mengakhiri penjelasan mengenai rencana Rasul Paulus untuk mengunjungi mereka sebagai persiapan sebelum dia ke Spanyol, Paulus minta supaya mereka mendoakan rencana tersebut.

...berjuang930 bersama-sama dengan aku dalam doa untuk aku...

Bagi Rasul Paulus, mereka yang mendoakan keperluan Paulus ikut dalam perjuangan pelayanannya. Dengan demikian orang percaya yang mendoakan seorang hamba Tuhan sudah menjadi teman sekerja, karena mereka berjuang bersama-sama dengan dia.

Dunn931 mencatat bahwa dalam satu ayat ini Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus disebut.

...demi kasih Roh...

Istilah kasih Roh dapat berarti kasih yang dimiliki Roh Allah bagi mereka, atau kasih yang berasal dari Roh Allah, suatu kasih yang Dia kerjakan dalam hati orang percaya.

Hagelberg: Rm 15:31 - -- 15:31 supaya aku diluputkan932 dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik933 oleh orang-or...

15:31 supaya aku diluputkan932 dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik933 oleh orang-orang kudus di sana,934

Ada dua pokok doa dalam permohonan doa ini: secara negatif, supaya dia diluputkan dari mereka di Yerusalem yang membenci dia; dan secara positif, supaya persembahan yang akan dia bawa ke sana diterima dengan baik.

Dia sudah mengerti bahwa orang-orang yang tidak taat di Yudea, yaitu orang Yahudi yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus,935 mau mengancam jiwanya.936

...supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik oleh orang-orang kudus di sana,

Menurut Galatia 2:10, tokoh-tokoh jemaat Kristen di Yerusalem sudah mendorong Rasul Paulus supaya dia "tetap mengingat orang-orang miskin" di Yerusalem. Walaupun demikian, tetap masih ada kemungkinan di mana sumbangan yang akan dia bawa ke sana ditolak, maka hal ini harus didoakan. Jangan-jangan ada perasaan iri hati atau gangguan yang manapun sehingga pernyataan kesatuan Tubuh Kristus, yaitu sumbangan jemaat-jemaat bukan Yahudi kepada jemaat-jemaat Yahudi, batal dilaksanakan.

Hagelberg: Rm 15:31 - -- 15:31 supaya aku diluputkan932 dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik933 oleh orang-or...

15:31 supaya aku diluputkan932 dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik933 oleh orang-orang kudus di sana,934

Ada dua pokok doa dalam permohonan doa ini: secara negatif, supaya dia diluputkan dari mereka di Yerusalem yang membenci dia; dan secara positif, supaya persembahan yang akan dia bawa ke sana diterima dengan baik.

Dia sudah mengerti bahwa orang-orang yang tidak taat di Yudea, yaitu orang Yahudi yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus,935 mau mengancam jiwanya.936

...supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima dengan baik oleh orang-orang kudus di sana,

Menurut Galatia 2:10, tokoh-tokoh jemaat Kristen di Yerusalem sudah mendorong Rasul Paulus supaya dia "tetap mengingat orang-orang miskin" di Yerusalem. Walaupun demikian, tetap masih ada kemungkinan di mana sumbangan yang akan dia bawa ke sana ditolak, maka hal ini harus didoakan. Jangan-jangan ada perasaan iri hati atau gangguan yang manapun sehingga pernyataan kesatuan Tubuh Kristus, yaitu sumbangan jemaat-jemaat bukan Yahudi kepada jemaat-jemaat Yahudi, batal dilaksanakan.

Hagelberg: Rm 15:32 - -- 15:32 agar aku dapat datang kepadamu dengan sukacita oleh kehendak Allah, dan beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu. Jika permohonan doa yang di...

15:32 agar aku dapat datang kepadamu dengan sukacita oleh kehendak Allah, dan beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.

Jika permohonan doa yang disebut di atas dikabulkan, maka dia dapat mengunjungi mereka dengan sukacita oleh kehendak Allah. Selain itu, dia mengharapkan bahwa kunjungan tersebut membawa kesegaran setelah semua ketegangan yang akan dia alami di Yerusalem.

...oleh kehendak Allah...

Nats ini mirip apa yang telah dikatakan dalam pasal 1:10, "Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk mengunjungi kamu."

...beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.

Dalam pasal 1:12 Paulus sudah menulis, "aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik melalui imanmu, maupun melalui imanku."

Hagelberg: Rm 15:32 - -- 15:32 agar aku dapat datang kepadamu dengan sukacita oleh kehendak Allah, dan beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu. Jika permohonan doa yang di...

15:32 agar aku dapat datang kepadamu dengan sukacita oleh kehendak Allah, dan beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.

Jika permohonan doa yang disebut di atas dikabulkan, maka dia dapat mengunjungi mereka dengan sukacita oleh kehendak Allah. Selain itu, dia mengharapkan bahwa kunjungan tersebut membawa kesegaran setelah semua ketegangan yang akan dia alami di Yerusalem.

...oleh kehendak Allah...

Nats ini mirip apa yang telah dikatakan dalam pasal 1:10, "Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk mengunjungi kamu."

...beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.

Dalam pasal 1:12 Paulus sudah menulis, "aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik melalui imanmu, maupun melalui imanku."

Hagelberg: Rm 15:33 - -- 15:33 Allah, sumber damai sejahtera,937 menyertai kamu sekalian! Amin. Pokok pembahasan Surat Roma diselesaikan dengan berkat yang singkat yang mene...

15:33 Allah, sumber damai sejahtera,937 menyertai kamu sekalian! Amin.

Pokok pembahasan Surat Roma diselesaikan dengan berkat yang singkat yang menekankan penyertaan Allah, sumber damai sejahtera. Penyertaan tersebut tidak jauh berbeda dari "kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya" (pasal 1:16) ataupun hidup yang berkelimpahan yang dikemukakan dalam pasal 1:17, di mana Paulus berkata, "orang yang benar karena iman akan hidup."

Hagelberg: Rm 15:33 - -- 15:33 Allah, sumber damai sejahtera,937 menyertai kamu sekalian! Amin. Pokok pembahasan Surat Roma diselesaikan dengan berkat yang singkat yang mene...

15:33 Allah, sumber damai sejahtera,937 menyertai kamu sekalian! Amin.

Pokok pembahasan Surat Roma diselesaikan dengan berkat yang singkat yang menekankan penyertaan Allah, sumber damai sejahtera. Penyertaan tersebut tidak jauh berbeda dari "kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya" (pasal 1:16) ataupun hidup yang berkelimpahan yang dikemukakan dalam pasal 1:17, di mana Paulus berkata, "orang yang benar karena iman akan hidup."

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 15:22-29 - Kerinduan Paulus untuk Mengunjungi Jemaat di Roma Kerinduan Paulus untuk Mengunjungi Jemaat di Roma (Roma 15:22-29) Dalam perikop ini Rasul Paulus mengungkapkan niatnya untuk datang dan menemui or...

Matthew Henry: Rm 15:30-33 - Keinginan Paulus untuk Didoakan oleh Jemaat Keinginan Paulus untuk Didoakan oleh Jemaat (Roma 15:30-33) Dalam perikop ini diceritakan tentang, I. Keinginan Rasul Paulus untuk mendapat...

SH: Rm 15:22-33 - Merencanakan hidup dan pelayanan. (Senin, 03 Agustus 1998) Merencanakan hidup dan pelayanan. Paulus menyadari, waktu dan pelayanannya sangat singkat; karena itu seluruh hidup dan pelayanannya ia rencanakan de...

SH: Rm 15:22-33 - Inkarnasi, misi, oikumene, diakonia (Kamis, 29 April 2010) Inkarnasi, misi, oikumene, diakonia Dapatkah Anda mengenali yang mana dari empat hal di atas yang adalah hakikat gereja? Ya, misi, koinonia (oik...

SH: Rm 15:22-33 - Bukan hanya di bibir (Jumat, 12 April 2013) Bukan hanya di bibir Paulus memberi informasi kepada jemaat di Roma bahwa ia dan rekan-rekannya sedang dalam perjalanan ke Yerusalem (25). Mereka sed...

SH: Rm 15:22-33 - Harapan Paulus Mengunjungi Roma (Selasa, 22 November 2016) Harapan Paulus Mengunjungi Roma Kita patut mengagumi kelapangan dan keluasan hati Paulus ketika membaca penggalan surat Paulus hari ini. Selagi hatin...

SH: Rm 15:22-33 - Jawaban yang Bijak (Kamis, 21 Juli 2022) Jawaban yang Bijak Kita tentu punya prioritas dalam hidup ini. Prioritas mengacu pada pilihan hidup yang mengutamakan yang terpenting di antara yang ...

SH: Rm 15:14-24 - Hak dan kewajiban (Sabtu, 2 September 2006) Hak dan kewajiban Mungkin ada jemaat Roma yang mempersoalkan surat Paulus, dengan nada kurang simpatik, "Mengapa Paulus begitu nyinyir dalam sur...

SH: Rm 15:25-33 - Panggilan untuk percaya (Minggu, 3 September 2006) Panggilan untuk percaya Injil yang utuh tidak hanya berbicara iman dan keselamatan jiwa melainkan juga pemenuhan kebutuhan hidup secara jasmania...

Utley: Rm 15:22-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 15:22-2922 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu. 23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai...

Utley: Rm 15:30-33 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 15:30-3330 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara- saudara, untuk bergumul ber...

Topik Teologia: Rm 15:25 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gereja ...

Topik Teologia: Rm 15:26 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Kemiskinan Rom 15:26 W...

Topik Teologia: Rm 15:27 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 15:28 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: Rm 15:29 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Dikaruniai Berkat di Dalam Kristus Berkat B...

Topik Teologia: Rm 15:30 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Yesus Kristus Kis 11:17 Rom 5:1,11 Rom 6:23 Rom 7:25-26 Rom 8:39 R...

Topik Teologia: Rm 15:31 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Kehendak Allah di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: Rm 15:32 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Orang-orang Percaya Berdoa Seturut dengan Kehendak-Nya Mat 6:9 Rom 1:9-10 Rom 15:30-32 1Yo 5:14 ...

Topik Teologia: Rm 15:33 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Sumber Damai Sejahtera Rom 15:33 Rom 16:...

TFTWMS: Rm 15:22-29 - Rencana Masa Depan Paulus Untuk Pergi Ke Spanyol Rencana Masa Depan Paulus Untuk Pergi Ke Spanyol (Roma 15:22-29) 22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu. 23 Tetapi sekarang, ...

TFTWMS: Rm 15:14-33 - Pelayanan Paulus Kepada Bangsa-bangsa Lain PELAYANAN PAULUS KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN (Roma 15:14-33) Komentar tentang 15:1-13 menuntaskan pelajaran kita tentang isi surat Paulus kepada jemaat...

TFTWMS: Rm 15:30-33 - Keinginan Paulus Untuk Datang Ke Roma Dan Sumbangan Untuk Yerusalem Keinginan Paulus Untuk Datang Ke Roma Dan Sumbangan Untuk Yerusalem (Roma 15:30-33) 30 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menas...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 57 Latar Belakang Surat Roma ini mer...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) I. Kebutuhan Mendesak Manusia Akan Kebenaran (Rom 1:18-3:20) A. Kebutuhan Or...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan meminta pendapat dari beberapa orang beriman dan saleh, akan disimpulk...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis oleh Paulus. di Korintus pada awal...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis oleh Paulus kepada jemaat yang belum dikenalnya. Oleh k...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 A. Salam 1:1-1:7 B. Perkenalan 1:8-1:15 C. Tema Surat 1:16...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta, hak cipta 1983. Bruce, F....

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 15 KESATUAN ORANG KRISTEN DAN PELAYANAN PAULUS KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN Bagian pertama pasal ini (15:1-13) melanjutkan pembahasan dalam pasal...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 80 W. E. Vine, Merrill F. Unger, and William White, Jr., Vine's Complete Expository Dictionary of Old and New Testament Words (...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Pelayanan Paulus Kepada Orang Bukan Yahudi (Roma 15:14-33) Sebuah pelajaran tentang pelayanan Paulus kepada orang bukan Yahudi dapat dikembangkan den...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Seni Komunikasi (Roma 15:14-29) Salah satu kebutuhan besar yang diakui di dunia saat ini adalah komunikasi yang lebih baik. Saya pernah mendengar pas...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) "Doa Yang Tidak Dijawab" (Roma 15:30-33) Pada tahun 1990, Garth Brooks merilis sebuah lagu berjudul "Unanswered Prayers."81Alur c...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan mereka terhadap kunjungannya kepada mere

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA

PENGANTAR

Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan mereka terhadap kunjungannya kepada mereka. Menurut rencana, Paulus akan bekerja sementara waktu di antara orang-orang Kristen di sana, kemudian dengan bantuan mereka, ia ingin pergi ke Spanyol. Paulus menulis surat ini untuk menjelaskan pengertiannya tentang agama Kristen dan tuntutan-tuntutannya yang praktis untuk kehidupan orang-orang Kristen.

Setelah menyampaikan salamnya kepada orang-orang dalam jemaat di Roma, dan memberitahukan kepada mereka tentang doanya bagi mereka, Paulus mengemukakan tema suratnya ini: "Dengan Kabar Baik itu Allah menunjukkan bagaimana caranya hubungan manusia dengan Allah menjadi baik kembali; caranya ialah dengan percaya kepada Allah, dari mula sampai akhir" (Rom 1:17).

Setelah itu Paulus menguraikan temanya itu. Semua orang --baik Yahudi maupun bukan Yahudi -- perlu diperbaiki hubungannya dengan Allah, sebab semuanya sama-sama berada dalam kekuasaan dosa. Hubungan manusia dengan Allah menjadi baik kembali kalau manusia percaya kepada Yesus Kristus. Kemudian Paulus menguraikan tentang hidup baru yang dialami oleh manusia kalau bersatu dengan Kristus. Hidup baru itu tumbuh karena adanya hubungan yang baru dengan Allah. Orang yang sudah percaya kepada Yesus, hidup damai dengan Allah, dan Roh Allah membebaskan dia dari kekuasaan dosa dan kematian. Dalam pasal 5-8 (Rom 5:1-8:39) Paulus menjelaskan juga tujuan Hukum-hukum Allah dan kuasa Roh Allah di dalam kehidupan orang percaya. Kemudian Paulus menjelaskan bahwa orang Yahudi dan bukan Yahudi termasuk dalam rencana Allah untuk umat manusia. Paulus menyimpulkan bahwa penolakan Yesus oleh orang Yahudi sudah termasuk dalam rencana Allah untuk menolong manusia berdasarkan rahmat-Nya melalui Yesus Kristus. Paulus yakin bahwa orang Yahudi tidak selalu akan menolak Yesus. Akhirnya Paulus menulis tentang bagaimana orang harus hidup sebagai orang Kristen, terutama sekali tentang caranya mempraktekkan kasih dalam hubungan dengan orang-orang lain. Untuk itu Paulus memilih pokok-pokok seperti berikut ini: melayani Allah, kewajiban orang Kristen terhadap negara dan sesama orang Kristen, dan berbagai-bagai persoalan yang menyangkut hati nurani. Paulus menutup suratnya ini dengan pesan-pesan pribadi dan puji-pujian kepada Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan dan tema
    Roma 1:1-17
  2.  Kebutuhan manusia akan keselamatan
    Roma 1:18-3:20
  3.  Jalan keselamatan dari Allah
    Roma 3:21-4:25
  4.  Hidup baru karena bersatu dengan Kristus
    Roma 5:1-8:39
  5.  Israel dalam rencana Allah
    Roma 9:1-11:36
  6.  Kelakuan Kristen
    Roma 12:1-15:13
  7.  Penutup dan salam pribadi
    Roma 15:14-16:27

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya oleh iman kepada Tuhan Yesus Kr

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya oleh iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus (Rom 1:1).

Tahun : Sekitar tahun 58 sesudah Masehi, dari kota Korintus.

Penerima : Orang-orang Kristen di kota Roma (dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Roma terbagi atas 16 pasal. Dalam kitab ini Rasul Paulus menjelaskan tentang cara manusia yang berdosa diselamatkan, yaitu melalui iman saja kepada Tuhan Yesus. Dan juga tentang cara hidup orang-orang yang telah diselamatkan tersebut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Roma

  1. Pasal 1-11 (Rom 1:1-11:36).

    Pengajaran tentang Injil merupakan kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap manusia

    Pada bagian ini dijelaskan bahwa semua manusia telah berbuat dosa dan sudah tidak mengenal Allah. Karena itu manusia berdosa sudah berada dalam penghukuman Allah, yaitu kematian. Keselamatan dari kematian akibat dosa tidak dapat diperoleh melalui usaha manusia atau melalui melakukan Hukum Taurat. Keselamatan itu hanya dapat diperoleh dalam anugerah Allah yang ada pada Tuhan Yesus. Ini berarti keselamatan manusia hanya dapat diperoleh melalui iman kepada anugerah Allah yang ada di dalam Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Berdasarkan pasal Rom 1:21-25,28-31. Apakah yang dilakukan manusia di dunia?
    2. Bacalah pasal Rom 3:23; 6:23. _Tanyakan_: Berapa banyakkah manusia yang berdosa? Apakah akibat dari dosa?
    3. Bacalah pasal Rom 10:9-13. _Tanyakan_: Bagaimanakah caranya manusia diselamatkan?
  2. Pasal 12-16 (Rom 12:1-16:27).

    Pengajaran tentang kehidupan orang Kristen setiap hari

    Pada bagian ini, dijelaskan bagaimana seharusnya kehidupan dari setiap orang yang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Rom 12:1-2. _Tanyakan_: Apakah ibadah orang Kristen yang sejati dan berkena di hadapan Allah?
    2. Bacalah pasal Rom 12:6-8. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap kehidupan seorang pelayan Firma Allah?
    3. Bacalah pasal Rom 12:9-21. _Tanyakan_: Bagaimanakah cara hidup orang percaya/Kristen dala masyarakat?
    4. Bacalah pasal Rom 13:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap orang Kristen terhadap pemerintah?
    5. Bacalah pasal Rom 15:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap orang Kristen terhadap orang yan lemah?
    6. Bacalah pasal Rom 16:17-18. _Tanyakan_: Apakah peringatan Rasul Paulus terhadap orang percaya?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Roma jelaslah bahwa Allah mengatakan bahwa semua orang telah berbuat dosa, dan mengalami penghukuman, yaitu kematian. Allah juga dengan tegas menyatakan bahwa semua usaha manusia untuk menyelamatkan diri dari kematian itu sia-sia. Allah menyatakan bahwa manusia memperoleh keselamatan hanya melalui iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Roma?
  2. Mengapakah semua manusia berada dalam penghukuman Allah?
  3. Mengapakah orang Kristen perlu menguduskan diri?
  4. Bagaimanakah cara hidup orang Kristen?

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang kita kenal sebagai Turki dan Y

Inti Injil

MENGAPA ROMA?
Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang kita kenal sebagai Turki dan Yunani. Tetapi, ia mempunyai suatu rencana jangka panjang untuk menginjili lebih jauh ke barat, yaitu ke Roma dan kemudian lebih jauh lagi. Namun demikian ada hal-hal lain yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Ia harus kembali ke Yerusalem untuk mengambil bantuan yang telah dikumpulkan oleh orang-orang Kristen bukan Yahudi bagi orang-orang miskin yang percaya di sana. Setelah itu ia dapat dengan leluasa mencurahkan perhatiannya ke ibu kota tersebut, dan setelah itu ia mengarahkan pandangannya ke Spanyol (15:22-29). Alasan Paulus ialah ia selalu ingin merintis daerah baru dan memberitakan Injil di tempat Injil belum pernah didengar. Ini sedikit menjelaskan mengapa surat ini ditulis - sebuah gereja sudah dibangun di Roma, karena itu Paulus tidak menganggap kunjungan ke Roma sebagai prioritas utama (15:18-21). Kita tidak tahu kapan gereja itu didirikan, tetapi jika kita melihat daftar para peziarah di Hari Pentakosta, kita akan melihat bahwa di antara mereka terdapat orang-orang Roma (Kis. 2: 10). Dari nama-nama pada akhir surat ini, rupa-rupanya Paulus sudah mengenal sejumlah besar anggota jemaat di sana (16:3-15), hal ini dapat dimengerti karena banyak jalan menuju Roma. Banyak orang melakukan perjalanan di daerah kekaisaran Roma terutama para pedagang, dan banyak dari mereka akhirnya menetap di ibu kota.

MENGAPA SURAT INI DITULIS?
Tampaknya Paulus sedang mempersiapkan kunjungannya dengan menjelaskan Injil bagi mereka. Mungkin ada orang yang mengritik ajarannya dan ia ingin meluruskan hal itu. Pada waktu yang bersamaan penulisan surat ke Roma merupakan kesempatan untuk menulis intisari kabar baik tentang Kristus secara lebih terinci dibandingkan dengan yang terdapat dalam kitab Perjanjian Baru yang lain. Surat Roma merupakan salah satu tulisan Paulus yang paling teratur, oleh karenanya surat ini telah menjadi buku sumber bagi orang Kristen sejak ia mendiktekannya kepada kawannya, Tertius, di Korintus sekitar tahun 57.

PAULUS DI ROMA.
Rencana Paulus tidak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkannya. Kita tahu dari Kisah para Rasul bahwa ketika tiba di Yerusalem ia ditangkap, dan setelah beberapa saat di penjara, ia memohon, seperti lazimnya warga negara Romawi, supaya kasusnya dapat didengar oleh Kaisar. Oleh karena itu, ia dibawa ke Roma sebagai tawanan. Rupa-rupanya ia dibebaskan dan melanjutkan pekerjaan pelayanannya sebelum akhirnya dibunuh di Roma.

ORANG ROMAWI DAN GEREJA.
Ketika orang Kristen menemukan kembali surat-surat seperti surat Roma pada waktu Reformasi, hal ini mengubah gereja secara besar-besaran. Mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat memperoleh keselamatan dari apa yang mereka lakukan. Allah telah melakukan keselamatan itu bagi mereka, dalam cara yang memungkinkan Ia dapat membenarkan orang-orang berdosa. Rahasianya tentu terdapat pada salib.

Pesan

1. Kita semua perlu dibenarkan di hadapan Allah (pasal 1-3)
o Bagi orang bukan Yahudi, cukup banyak yang dapat diketahui tentang Dia
- dalam alam semesta. Rom 1:19-20
- dalam kenyataan kita sebagai ciptaan. Rom 2:14-15
o Untuk orang Yahudi, lebih dari cukup - dalam firman-Nya. Rom 2:12, 17-24;3:1-2
o Semua orang jatuh di dalam dosa. Rom 3:9-20, 23
o Tidak seorang pun
- boleh menghakimi orang lain. Rom 2:1-3
- boleh bermegah diri. Rom 3:27
- dapat berdalih. Rom 1:20; 2:1; 3:19
- dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Rom 3:20, 23

2. Allah melakukan semua itu (pasal 3-5)
o Kematian Kristus membayar semua hutang
- Ia mati menggantikan kita. Rom 3:24-25
- pada waktu kita masih berdosa. Rom 5:6-8
- kita dapat dibenarkan. Rom 3:24
o Abraham mempercayai firman Allah
- kita pun harus beriman. Rom 3:25; 4:16-25; 5:1
o Adam melakukan sesuatu yang berakibat pada kita sampai sekarang
- demikian pula apa yang dilakukan Kristus di kayu salib. Rom 5:12-19

3. Cara hidup yang berbeda (pasal 6-8)
o Masalahnya ialah sifat dosa manusia
- yang tidak dapat menjadi baik. Rom 7:18
- yang berseteru terhadap Allah. Rom 8:7
- yang tidak memperkenan Allah. Rom 8:8
o Kuasa datang dari Roh Kudus
- yang diam di dalam kita. Rom 8:9-11
- yang menimbulkan pertentangan. Rom 7:13-23
- yang menyediakan kemenangan. Rom 7:24-25
o Kita harus bekerja sama dengan Dia
- menolak dosa. Rom 6:13, 16, 19; 8:13
- menaati Kristus. Rom 6:13, 16-19, lihat Rom 12:1
o Kita bisa
- memperoleh kemenangan. Rom 6:14
- menerima kehidupan. Rom 8:11
- menjadi anak-anak Allah. Rom 8:14-17
- mengalami pertolongan-Nya. Rom 8:26-27
- menjadi seperti Kristus. Rom 8:28-30, lihat Rom 12:2
- merasa pasti bahwa kita adalah milikNya. Rom 8:31-39

4. Allah tahu apa yang sedang dilakukanNya (pasal 9-11)
o Allah tahu bagaimana mengendalikan umat-Nya
- terhadap orang Yahudi yang tidak taat sekalipun. Rom 9:1-33
- Ia mempunyai rencana induk. Rom 11:1-32
o Kita tetap harus memberikan tanggapan
- dalam iman yang taat. Rom 10:5-21

5. Kita diselamatkan bersama (pasal 12-1)
o Kita adalah anggota dari satu tubuh
- saling memiliki. Rom 12:3-8
- saling mengasihi. Rom 12:9-21; 13:8-10
- saling menerima. Rom 14:1-15:7
- saling menghayati gaya hidup yang baru. Rom 13:1-7, 11-14

Penerapan

1. Tawaran itu cuma-cuma
(untuk dibenarkan di hadapan Allah)
o Karena keberadaan kita, itu harus terjadi
o Itu dapat terjadi karena Kristus telah
melakukannya
o Ini berarti
- kita tidak dapat memperolehnya sendiri
- kita harus menerimanya dengan iman

2. Kuasa itu ada
(untuk hidup sebagai orang Kristen)
o Oleh karena kita tidak mampu melakukannya sendiri
o Oleh karena Roh Kudus hidup di dalam kita
o Ini berarti
- membuang sifat-sifat dosa kita
- menaati Yesus Kristus

3. Persekutuan Itu milik kita
(bersama dengan sesama Kristen)
o Oleh karena kita saling memiliki
o Oleh karena kita sekarang tahu bagai
mana mengasihi
o Ini berarti
- kita harus menumbuhkan dan menghargainya
- kita tidak boleh menyalahgunakan atau memandang enteng persekutuan Kristen

Tema-tema Kunci

1. Anugerah.
Kebenaran yang berkali-kali ditanamkan ialah bahwa jika kita dapat menjadi Kristen, Allah yang harus melakukannya. Anugerah Allah itu diberikan dengan cuma-cuma, kita tidak dapat melakukan sendiri. Namun demikian, kita tidak boleh juga menganggap hal itu sepele. Telusurilah tema ini dalam seluruh surat Roma: Rom 1:7; 2:4; 3:24, 27; 4:16; 5:15, 17, 21; 6:1, 15; 11: 5-6.

2. Iman.
Kita mendapat anugerah cuma-cuma dari Allah oleh iman kepada Kristus. Pada saat yang sama, tidak berarti kita hanya semata-mata percaya tentang Dia, tetapi menerima firman Allah, menaati-Nya dan mengakui Kristus. Perhatikan bagaimana Paulus menekankan tentang iman dalam surat ini, dan juga bagaimana ia mendefinisikannya. Apakah iman kita cukup besar? 1:5 (lihat 15:18); Rom 1:16-17; 3:22, 26-31; 4:1-25; 5:1; 10:8-11; 10:17.

3. Pembebasan (atau Pembenaran).
Kata di atas diambil dari istilah yang ada dalam sidang pengadilan. Allah membebaskan - atau 'membenarkan' - pendosa, menyatakannya'benar', oleh karena apa yang telah Yesus lakukan sebagai penggantinya. Lihat bagaimana Paulus mengaitkan ini dalam kematian Kristus dan iman: Rom 1:17; 3:21-26; 4:1-25; 5:8-11, 15-21; 10:1-10.

4. Kebersamaan.
Perhatikan apa yang Paulus katakan bahwa kita semua berdosa dan kita diselamatkan bersama-sama. Ia menggunakan gambaran tentang tubuh ketika ia ingin menunjukkan bagaimana kita harus bekerja sama satu dengan yang lain. Walaupun hal-hal yang mengganggu dan memecah belah Kristen pada zaman Paulus berbeda dengan masa kini, apakah ia memberikan pedoman yang dapat kita terapkan saat ini? Khususnya lihat 14:1-15:7.

5. Allah adalah Raja.
Kita mendapat kesan yang jelas bahwa walaupun manusia tidak percaya, Allah tetap mengendalikan dunia, sebagaimana Ia mengatur kehidupan Kristen. Hal ini menjadi jaminan yang sangat berarti bagi mereka yang percaya, walaupun kita tidak dapat mengerti bagaimana Ia melakukannya. Bacalah seluruh pasal 9 dan 10 sekali lagi. Bagaimana keduanya saling mengisi?

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7 Rom 1:1-17Semua tentang Yesus Kristus Rom 1:8-15Saya mempunyai sesuatu untuk dibagikan Rom 1:16-17Berit

[1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7

Rom 1:1-17Semua tentang Yesus Kristus
Rom 1:8-15Saya mempunyai sesuatu untuk dibagikan
Rom 1:16-17Berita secara ringkas

[2] 'KITA SEMUA ADALAH ORANG BERDOSA' Rom 1:18-3:20

Rom 1:18-32Mereka yang tidak memiliki Alkitab
Rom 2:1-11Menghakimi orang lain?
Rom 2:12-16Allah akan menghakimi kita semua
Rom 2:17-3:20Lebih baikkah orang Yahudi?

[3] 'ALLAH MEMPUNYAI JALAN' Rom 3:21-5:21

Rom 3:21-26Apa yang dilakukan oleh salib
Rom 3:27-31Siapa yang boleh bermegah?
Rom 4:1-25Abraham percaya lebih dulu
Rom 5:1-5Sukacita - walaupun dalam kesusahan
Rom 5:6-11Ketika kita tidak berdaya
Rom 5:12-21Kristus dan Adam

[4] 'HIDUP BARU' Rom 6:1-8:39

Rom 6:1-14Dosa dapat dikalahkan
Rom 6:15-23Pergantian pemilik
Rom 7:1-6Pergantian pasangan
Rom 7:7-25Peperangan dalam hati
Rom 8:1-11Roh memberi hidup
Rom 8:12-17Anak-anak Allah!
Rom 8:18-25Dan banyak lagi yang lain
Rom 8:26-27Doa
Rom 8:28-30Tujuan
Rom 8:31-39Apa lagi yang dapat saya katakan?

[5] 'TETAPI BAGAIMANA HALNYA DENGAN ORANG YAHUDI?' Rom 9:1-11:36

Rom 9:1-5Hak-hak istimewa mereka
Rom 9:6-33Maksud Allah
Rom 10:1-21Iman menyelamatkan
Rom 11:1-36Rencana yang aneh

[6] 'HAYATILAH!' Rom 12:1-15:13

Rom 12:1-2Kehidupan yang dipersembahkan
Rom 12:3-21Kehidupan di dalam satu tubuh
Rom 13:1-7Hidup dalam masyarakat
Rom 13:8-10Hidup dalam kasih
Rom 13:11-14Bangun dan hiduplah!
Rom 14:1-15:13Hidup bersama dengan sesama

[7] 'RENCANA HARI DEPANKU' Rom 15:14-33

Rom 15:14-21Pelayanan saya
Rom 15:22-33Ambisi saya

[8] 'SANGAT BANYAK KAWAN DI ROMA' Rom 16:1-27

Allah memberkati kalian semua
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.74 detik
dipersembahkan oleh YLSA